Sabtu, 05 Maret 2011

Best Moments in my Life part 1 Thesis and the Graduation



Sejak menikah, ada beberapa moment berharga dalam hidupku yang selalu akan teringat.. Moment menyusun tesis dan pendadaran pascasarjana, Moment proses mencari kerja dan mendapatkannya, serta moment kehamilan..:)

Pada bagian satu ini aku akan bercerita tentang Kenangan menyusun tesis serta sidang pascasarjana dan Wisuda.

Sejak kuliah s1 dulu, momok yang paling aku benci adalah Perpajakan dan Audit.. entah kenapa aku begitu ngga sukanya sehingga untuk mata kuliah ini aku selalu dapet nilai maksimal B.. both untuk audit 1 dan 2, serta Perpajakan 1 dan 2.. nah untuk kesempatan kali ini di kuliah pascasarjana, aku ingin sekali mencoba.. okay.. Let's Face what you fear..

Trimester ketiga, aku memilih konsentrasi Auditing.. alasannya kenapa..? karena aku pengen tau.. apa si sebenernya dibalik momok Auditing itu.. nah kalau sudah memilih trimester ketiga konsentrasi auditing, aku pun harus mempersiapkan judul tesis yang terkait dengan auditing. Nah di awal trimester ini aku sudah mencoba untuk mengirim e mail kepada Pak Kasman Arifin, temen kerja papa yang juga kebetulan dosen di Universitas Riau yang sudah bergelar doktor. Karena tesis di Magister Akuntansi lebih diarahkan untuk bersifat Case Study, aku pun sudah bergerilya untuk mencari perusahaan sebagai Objek penelitian.

Pulang ke tanah kelahiranku di Rumbai, Pekanbaru... kesempatan emas sekali, setelah berkomunikasi dengan Pak Kasman Arifin, beliau bersedia menjadi mentorku selama Penelitian Tesis di PT Chevron Pacific Indonesia.. topik yang aku ajukan adalah Implementasi Internal Control dan Compliance untuk Perusahan Production Shareing Contract. hal yang aku yakini bisa kulakukan karena sebelumnya aku sudah pernah kuliah satu semester tentang akuntansi Migas.

Next, adalah melobi papa untuk bantuannya memasukkan proposal penelitian ke training center. seperti biasa.. dan seperti yang kuduga jawabannya adalah : "Pulang dulu ke sini, nanti diurus.. disini kalo mau masuk2an proposal harus yang bersangkutan, ngga ada cerita bapaknya sibuk2 ngurusin juga". Yeaaa... papaku memang seperti itu, ngga pernah memanfaatkan fasilitas yang ada....( Padahal "papa-papa" orang yang lain sibuk ngurusin anaknya yang mau magang atau penelitian di sana.. , yah ngga papalah.. yang penting aku udah tau kemana tempat hendak menuju...

awal Oktober 2009, aku terbang menuju Pekanbaru.. setelah menikah dulu, ini pertama kali nya aku pulang lagi. dan sepanjang yang kuingat, ini terakhir kalinya aku menumpangi pesawat Air Asia yang jurusan Pekanbaru.. setelah itu hingga saat ini, maskapai ini telah memberhentikan jalur penerbangannya.


Siangnya aku langsung menuju kantor training center untuk mengurus izin penelitianku selama di Rumbai. Alhamdulillah tak lama kemudian sudah ada pemberitahuan aku sudah bisa mulai penelitian disini.

Tesisku akan bercerita tentang kasus Aset di KKKS dikaitkan dengan internal control yang ada. Untuk kuisioner dan cek list,aku menggunakan tools dari General Accounting Office. Aku diberi kesempatan disini selama 2 bulan.. tanpa fasilitas, karena aku nyolong masukin proposal dan aku berstatus anak pegawai.. kalo mau dapat fasilitas nanti nunggu lagi 2 tahun,.. ngga papa deh ngga dapet.. aku bisa neliti disini aja udah seneng banget kok..:)

Awal Desember penelitianku selesai.. kemudian aku bersiap2 kembali ke Jogjakarta untuk bertemu dosen pembimbing.. Beliau pasti kehilanganku.. *pede setinggi langit. Oya.. dosen pembimbingku adalah Pak Eko Suwardi.. wakil Dekan II di FEB UGM.. hal yang paling aku kenang adalah waiting list dan menunggu lama untuk bimbingan. Karena beliau orang yang sibuuukk sekali, tapi aku selalu menikmati masa masa itu..

Seperti dugaanku.. setelah 3 bulan ngga nongol di kantornya, Beliau menyapa ku dengan ucapan... wah, kemana saja kamu..?? setelah kujelaskan bahwa aku sudah magang dan mendapatkan data, tinggal finalisasi penyusunan untuk tesis, beliau tertawa dan lega.. ngga usah lama2 ya.. sebulan harus selesai.... Oke siap pak..



17 Maret 2010.. hari ini aku terdaftar sebagai peserta pendadaran, ceritanya aku sudah menunggu hampir 1 bulan untuk jadwal ini.. Pendadaran Alhamdulillah berjalan lancar.. dan aku dinyatakan lulus.. Alhamdulillah ya Allah.. akhir dari perjuangan... perjuangan yang aku mulai dari sesuatu yang tidak mudah... resign dari tempat kerja lama, meninggalkan suami sendirian di Jakarta selama setahun, yang semua harus dibarengi dengan kesabaran.. dan hari ini aku bersyukur.. aku bisa pulang ke rumah... Fafa, Ayem home...:)


tinggal beberapa minggu lagi Brevet Pajak A dan B ku selesai.. ya.. ini adalah momok kedua yang aku berani aku hadapi , ternyata.. belajar dan banyak tahu itu menyenangkan..:) sebenernya aku pengen lanjut Brevet Pajak C.. tapi udahlah, ngga mungkin aku memperpanjang waktu lagi disini dan meninggalkan suami lama-lama.. mungkin nanti akan ada rezeki untuk melanjutkannya di STAN.. kebetulan dekat juga dengan rumah dan bisa dijalani pas weekend. Tanggal 7 April 2010 aku pun berangkat pulang ke Jkt dengan segenap barang2 yang dibawa terpisah oleh Pos Indonesia.


28 April 2010

Hari ini adalah wisuda keduaku.. dua hari yang lalu kami sekeluarga sudah sampai di kota Jogjakarta dengan menumpang kereta api argo. ah.. senang sekali bisa kembali lagi ke kota ini. Acara wisuda selesai lepas Zuhur.. lega.. senang.. karena aku telah menjalani proses dengan hasil yang terbaik pula.. Alhamdulillah syukur ku dan terima kasih untuk Papa, Mami, Fafa , dosen2 terbaikku di FEB UGM, Mbak Diana dan keluarga, Teman2 Maksi Angkatan XIV, Pak Kasman Arifin Za, Pak Adriansyah, Pak Yun Alben






Tidak ada komentar:

Posting Komentar